Information Hiding pada Java
Daftar Isi
Information Hiding
- Information Hiding adalah menyembunyikan attribute suatu objek dari objek lain.
- Information Hiding ini seperti kita menyembunyikan tentang ciri - ciri dari tempe yaitu warna dan teksturnya yang dalam pembahasan ini disebut dengan attribute.
- Information sendiri sangat berkaitan dengan enkapsulasi yaitu menyembunyikan atau melindungi informasi berupa atribut maupun method dengan menggunakan hak akses (modifier) private.
- Information sendiri sangat berkaitan dengan enkapsulasi yaitu menyembunyikan atau melindungi informasi berupa atribut maupun method dengan menggunakan hak akses (modifier) private.
Baca juga : Konsep Dasar OOP pada Java
Baca juga : Akses Member (Modifier) pada Java
Contoh program :
input : class 1
/*
* To change this license header, choose License Headers in Project Properties.
* To change this template file, choose Tools | Templates
* and open the template in the editor.
*/
/**
*
* @author Dedekurniawan
*/
public class PersegiPanjang {
private double panjang; // attribute yg di hide
private double lebar; // attribute yg di hide
public PersegiPanjang() {
panjang = 0;
lebar = 0;
}
private double luas(double p, double l) { // di encap
return p * l;
}
public void setPanjang(double panjang) {
this.panjang = panjang;
}
public void setLebar(double lebar) {
this.lebar = lebar;
}
public double getPanjang() {
return panjang;
}
public double getLebar() {
return lebar;
}
public double getLuas() {
return luas(panjang, lebar);
}
}
input : class 2
/*
* To change this license header, choose License Headers in Project Properties.
* To change this template file, choose Tools | Templates
* and open the template in the editor.
*/
/**
*
* @author Dedekurniawan
*/
public class main {
/**
* @param args the command line arguments
*/
public static void main(String[] args) {
// TODO code application logic here
PersegiPanjang pp = new PersegiPanjang();
pp.setPanjang(10);
pp.setLebar(20);
System.out.println("Panjang :" + pp.getPanjang());
System.out.println("Lebar : " + pp.getLebar());
System.out.println("Luas :" + pp.getLuas());
}
}
Hasil:
Penjelasan :
Program diatas membutuhkan terdapat 2 buah class. Pada class 1 merupakan isi dari data-data yang berupa atribut dan method. Sedangkan pada class 2 merupakan tempat dimana program yaitu class 1 dipanggil pada clas 2 dengan membuat sebuah objek baru dan kemudian baru dieksekusi oleh program.
Semoga berhasil dan bermanfaat, terimakasih.
Posting Komentar