Monday, April 17, 2017

Tutorial Menggunakan keyword final pada Java

Pada tutorial kali ini kita akan belajar mengenai keyword final. Sebelumnya kita telah belajar dengan keyword this, super dan keyword lainnya. Sebenarnya ada banyak sekali keyword di dalam pemrograman java. Oke untuk pembahasan mengenai keyword langsung kita lanjut ke bawah.
Keyword final :
Kata kunci final digunakan untuk pendeklarasian yg absolute (mutlak). Keyword final dapat digunakan dalam pendeklarasian variable, class, dan method. Cara mendeklarasikannya dengan menuliskan keyword final didepan variable, class, atau method. 

Perlu diketahui bahwa final adalah keyword bukan modifier akses. Perintah final jika digunakan pada class maka class tersebut tidak bisa diturunkan lagi, dan jika digunakan pada method maka method tersebut tidak bisa dilakukan overriding pada method tersebut.

a. Contoh penggunaan final pada variable :

image1

Hasil:
image2

Saat kode diatas di compile maka akan menghasilkan error seperti diatas, itu karena variable PI dideklarasikan ulang padahal dia bersifat final. Jadi intinya variabel ini nilainya tidak bisa dirubah lagi atau biasa disebut dengan konstanta / constant.

Biasanya untuk penulisan konstant menggunakan huruf kapital, tidak harus tapi sebaiknya menggunakan huruf kapital. salah satu kelebihan jika menulisnya dengan huruf kapital yaitu mempermudah kita mengenali bahwa ini adalah konstant dan jika huruf kecil maka itu adalah sebuah variabel.

b. Contoh penggunaan final pada class :
Note :
Jika pada class maka class itu tidak dapat diturunkan.
input :
image3

Hasil:
image4

Penjelasan
Error mengatakan bahwa tidak dapat membuat turunan dari bapak. Disini class Bapak tidak dapat diturunkan karena class tersebut bersifat final atau tetap.

c. Contoh penggunaan final pada method :

image5

Hasil:
image6

Penjelasan
Coba perhatikan baris ke 5, ada kata kunci final sekarang perhatikna baris ke 11, pada baris itu kita meng_override method test() padahal method yang bersifat final tidak dapat di override. makanya saat compile juga akan menghasilkan error.

Baca juga : Jenis-jenis Keyword pada Java
Baca juga : Menggunakan keyword this pada Java
Baca juga : Menggunakan keyword super pada Java
Baca juga : Menggunakan keyword static pada Java


Mungkin itulah beberapa contoh penggunaan keyword final pada pemrograman java. 
Semoga berhasil dan bermanfaat, terimakasih.
Previous Post
Next Post

0 comments:

Silahkan berkomentar yang bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...